Sponsor

Rabu, 15 Juni 2011

Sejarah Seni Lukis Di Indonesia

dunia seni lukis, indonesia, sejarah seni lukis di indonesia, artikel, blog lukisan aliran naturalisme.
Bagi para sahabat yang mencintai dunia seni lukis yang berada di indonesia, mungkin ada yang belum mengetahui sejarah seni lukis di indonesia, di negara kita sendiri. Untuk itu saya ingin berbagi kepada para sahabat blogger semua, khususnya yang mencintai seni lukis, untuk menyimak artikel di blog lukisan aliran naturalisme di bawah ini. Selamat membaca 

Seni lukis modern Indonesia dimulai dengan masuknya penjajahan Belanda di Indonesia. Kecenderungan seni rupa Eropa Barat pada zaman itu ke aliran romantisme membuat banyak pelukis Indonesia ikut mengembangkan aliran ini.

Raden Saleh Syarif Bustaman adalah salah seorang asisten yang cukup beruntung bisa mempelajari melukis gaya Eropa yang dipraktekkan pelukis Belanda. Raden Saleh kemudian melanjutkan belajar melukis ke Belanda, sehingga berhasil menjadi seorang pelukis Indonesia yang disegani dan menjadi pelukis istana di beberapa negera Eropa.

Gerakan Manifesto Kebudayaan yang bertujuan untuk melawan pemaksaan ideologi komunisme membuat pelukis pada masa 1950an lebih memilih membebaskan karya seni mereka dari kepentingan politik tertentu, sehingga era ekspresionisme dimulai.

Kemapanan seni lukis Indonesia yang belum mencapai tataran keberhasilan sudah diporak-porandakan oleh gagasan modernisme yang membuahkan seni alternatif atau seni kontemporer, dengan munculnya seni konsep (conceptual art): “Installation Art”, dan “Performance Art.

Mudah-mudahan artikel yang berjudul sejarah seni lukis di indonseia ini, dapat memberikan manfaat bagi sahabat-sahabat semua. Amin...
dunia seni lukis, indonesia, sejarah seni lukis di indonesia, artikel, blog lukisan aliran naturalisme.
Sumber dari : id.wikipedia(dot)org

0 komentar:

Posting Komentar