Sponsor

Rabu, 29 Februari 2012

Cara Memilih Dalam Membeli Lukisan


Jika anda mau membeli sebuah lukisan, pastikan anda dapat memilih yang menurut anda paling cocok dengan selera anda. Nah, yang perlu anda perhatikan di dalam memilih sebuah lukisan saat anda akan membeli lukisan, baik di pameran ataupun di pasar luksian, diantaranya yaitu :



1. Pastikan Originalitas

Dalam membeli sebuah lukisan, anda diharuskan untuk bersikap bijaksana, agar anda tidak tergesa-gesa dalam memilih dan membeli lukisan. Baik membeli lukisan abstrak maupun lukisan-lukisan lainnya. Dengan anda bersikap bijaksana, maka anda akan terhindar dari penipuan karena sekarang ini, banyaknya peredaran lukisan palsu alias tidak asli. Anda pasti tahu seseorang yang bernama Amir Sidharta, ia adalah seorang kurator museum asal Indonesia. Beliau pernah mengatakan, apabila seseorang mendapatkan sebuah tawaran, dengan tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka orang tersebut jangan mudah percaya dan harus ekstra hati-hati menanggapi tawaran yang semacam itu.

Dengan membeli lukisan di dealer lukisan sangat beresiko bagi pembeli yang tidak ekstra hati-hati, karena lukisan yang ada di dealer itu biasanya dibeli dari toko-toko lukisan antik yang menjual banyak lukisan sisa. Itu artinya, sudah banyak dealer yang mengunjungi toko-toko lukisan untuk membeli lukisan cacat yang tidak layak dijual. Saran saya, jika anda mau membeli lukisan yang asli, maka lebih baik anda membeli di galeri-galeri lukisan atau balai lelang lukisan yang sudah menjadi lembaga resmi dan yang pasti dapat dipercaya keaslian lukisannya.

2. Bersifat Selektif

Merencanakan anggaran keuangan sangatlah perlu sebelum anda membeli lukisan. Karena dengan anda merencanakan, semuanya akan berjalan lancar. Maksudnya apabila anda sudah memasuki galeri-galeri lukisan dan di sana banyak sekali lukisan-lukisan yang sangat bagus, originil dan yang anda sukai. Maka anda pasti akan memborong lukisan-lukisan yang anda sukai, jadi dengan anda merencanakan anggaran anda dapat memilih dan membeli lukisan yang memang sedang anda cari dan tidak diharuskan untuk memborong semua lukisan. Inilah salah satu cara yang lebih baik yaitu bersifat selektif atau merencanakan anggara dari awal dibandingkan anda harus memborong sekaligu lukisan yang ada. Pepatah mengatakan : Lebih baik membeli satu lukisan yang lebih mahal namun kualitas bagus, dari pada membeli banyak lukisan namun kualitasnya tidak jelek atau tidak terlalu bagus. 

3. Percaya Diri dan Fokus

Menjadi seorang kolektor lukisan atau seni rupa itu harus mencerminkan jati diri orang tersebut. Jadi, apabila anda ingin mengkoleksi sebuah lukisan, maka selera atau pilihan pribadi harus terfokus secara benar. Karena hal ini sangat dibutuhkan untuk menambah rasa percaya diri anda dengan sebuah pilihan galeri lukisan yang sudah anda ambil. Tapi yang perlu anda pahami adalah bahwa tidak ada yang salah atau benar dalam memilih dan membeli lukisan. Karena selera dalam memilih lukisan atau seni rupa itu ada pada diri sendiri, maka dari itu, percaya diri dan fokuslah yang akan menjadi penentu anda dalam memilih dan membeli lukisan untuk dijadikan koleksi lukisan anda.

4. Nikmati Koleksi Anda (tidak hanya memikirkan keuntungan)

Sekarang ini banyak sekali para kolektor lukisan di indoensia yang hanya sekedar membeli lukisan yang ia suka saja, tetapi tidak menganggap bahwa koleksi lukisan yang ia kumpulkan adalah merupakan sebuh investasi, itu semua dikarenakan kurangnya kesadaran para kolektor. Jadu mereka hanya menikmati koleksi lukisannya saja tanpa memikirikan keuntungan yang bakal mereka dapat jika menjualnya. Meskipun saat ini harga karya seni khususnya lukisan, harganya ga tentu, terkadang naik terkadang pula turun. Contohnya yaitu karya Dezentje, lukisan karya beliau telah menjadi karya lukisan termahal di indonesia pada tahun 1950an, sedangkan pada tahun yang sama harga lukisan Affandi lah yang berada jauh di bawah karya Dezentje. Tapi sebaliknya sekarang ini lukisan karya Affandi lah yang lebih mahal dibandingkan lukisan karya Dezentje.

Untuk itu, bagi anda yang sudah banyak mengkoleksi karya lukisan dari Dezentje tidak perlu pesimis. Karena menurut Amir Sidharta, bahwa beliau mengatakan : Jika sebuah lukisan turun harganya, akan tetapi nilai seninya tetap tidak akan berubah. Karena yang membuat berubahnya harga lukisan itu disebabkan dari trend selera masyarakat sekarang ini. Jadi bagi seorang kolektor lukisan yang sejati tetap akan menilai sebuah lukisannya sebagai karya seni lukis yang baik, meskipun harganya sudah turun dan tetap menikmati semua lukisan koleksinya

Inilah cara memilih dalam membeli lukisan, semoga dapat berguna bagi para kolektor lukisan di indonesia dan tetap semangat dalam memburu lukisan yang anda senangi.

3 komentar:

  1. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20%+20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    BalasHapus
  2. KEREN GAN ARTICLE NYA
    KUNJUNGI JUGA BLOG SAYA YA GAN
    =>http://chaniaj.blogspot.com
    http://www.dkipoker.com/dkipk/index.php

    BalasHapus