Sponsor

Rabu, 05 Oktober 2011

Lukisan Surealis

Sobat blogger, kali ini saya akan menerangkan tentang lukisan surealis, berikut pengertian dari lukisan surealis di bawah ini :

Lukisan Surealis adalah Lukisan yang menggunakan gerakan budaya, awalnya bermula di pertengahan tahun 1920-an. Surealis merupakan seni lukis dan penulisan yang paling banyak dikenal. Karya lukisan surealis ini memiliki unsur kejutan, barang tak terduga yang selalu ditempatkan berdekatan satu sama lain tanpa alasan yang jelas. Banyak seniman-seniman lukis dan penulis surealis yang memandang karya lukisan surealis mereka hanya ungkapan gerakan filosofis yang pertama dan paling maju. Karya lukisan surealis merupakan artefak, dan André Breton mengatakan bahwa lukisan surealis berada di atas segala gerakan revolusi. Dari aktivitas Dadaisme, surealisme dibentuk dengan pusat gerakan terpentingnya di Paris. Dari tahun 1920-an aliran lukisan surealis ini menyebar ke seluruh dunia. Lukisan surealis mempengaruhi film seperti Angel's Egg dan El Topo.

Adapun kata surealis itu sendiri diciptakan tahun 1917 oleh Guillaume Apollinaire dalam catatan program yang menjelaskan balet Parade, yang merupakan karya lukisan kolaboratif oleh Jean Cocteau, Erik Satie, Pablo Picasso dan Léonide Massine: "Dari persekutuan baru ini, hingga sampai sekarang, perlengkapan dan kostum panggung di satu sisi dan koreografi di sisi lain hanya ada persekutuan pura-pura di antara mereka, terjadi sejenis super-realisme ('sur-réalisme') di Parade, di mana saya melihat titik mula serangkaian manifestasi semangat baru ini.

Demikianlah, pengertian dari lukisan surealis yang saya dapatkan dari wikipedia, semoga dapat memberikan inspirasi untuk mencari contoh dari lukisan surealis itu, bagi yang penasaran! :)

0 komentar:

Posting Komentar